Onomatope dalam Buku Maneki Nek dan Auropilous

Devia Ramadani, Hermandra Hermandra, Mangatur Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan onomatope yang terdapat di dalam buku Maneki Neko dan Auropilous terkhusus jenis onomatope, struktur onomatope, dan fungsi onomatope yang terdapat dalam buku Maneki Neko dan Auropilous Karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2016 B Universitas Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan memaparkan hasil penelitian secara deskriptif. Hasil pemerolehan data dan pembahasan terdapat empat jenis onomatope dalam buku Maneki Neko dan Auropilous, yakni 1) onomatope manusia, 2) onomatope hewan, 3) onomatope benda, 4) onomatope kehidupan sehari-hari. Struktur onomatope dalam buku Maneki Neko dan Auropilous terdapat lima struktur, yaitu 1) struktur satu silabel (monosilabel), 2) struktur dua silabel (bilisilabel), 3) struktur tiga silabel (multisilabel), 4) struktur empat silabel, 5) struktur enam silabel. Fungsi onomatope yang terdapat  dalam buku Maneki Neko dan Auropilous tiga fungsi, yaitu 1) fungsi ekspresif, 2) fungsi pernyataan membentuk nama perbuatan, 3) fungsi pernyataan membentuk nama benda.

References


Aminuddin. (2016). Semantik: Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.

Faizah, H. (2015). Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Fitriyani, A. (2012). Deskripsi Semantik Onomatope Dalam Novel “Cado-Cado Kuadrat Dokter Muda Serba Salah” Karya Ferdiriva Hamzah. Doctoral Dissertation. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Keraf, G. (1996). Linguistik Bandingan Histori. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhyiddin, A. (2013). Filsafat Bahasa Philosopy Of Language. Pustaka Setia Bandung.

Nababan. (1986). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Rumadi, H., & Syafrial. (2017). Apresiasi Prosa Fiksi. Pekanbaru: Sumber Dana Hibah Revitalisasi LPTK.

Sugiarto, A. (2013). Wujud Onomatope dalam Bersastra Djawa Karya W. J. S Poerwadarmhita. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.19-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.