Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP IT Aziziyyah Pekanbaru

Nina Rahayu, Nursal Hakim, Elmustian Elmustian

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan memahami unsur intrinsik teks narasi siswa kelas VII SMP IT Aziziyyah Pekanbaru. Kemampuan siswa tersebut didapatkan berdasarkan hasil penilaian terhadap tujuh aspek unsur intrinsik yaitu, tema, tokoh/penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Aziziyyah Pekanbaru yang berjumlah 87 siswa dengan rincian kelas VII 1 berjumlah 47 siswa dan VII2 berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes objektif. Data pada penelitian ini adalah hasil penilaian berupa skor terhadap tes menentukan unsur intrinsik teks narasi siswa kelas VII SMP IT Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kemampuan memahami unsur intrinsik teks narasi siswa kelas VII SMP IT Aziziyyah Pekanbaru tergolong tinggi dengan rata-rata 86,52 dengan rata-rata mendapat skor 89,1 pada aspek tema, skor 78,1 pada aspek tokoh/penokohan, skor 98,2 pada aspek latar, 95,4. pada aspek alur, skor 68,4 pada aspek sudut pandang, skor 78,9 pada aspek gaya bahasa, skor 96,6 pada aspek tema.

Keywords


kemampuan, memahami, unsur intrinsik, teks narasi

Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahardi, K. (2009) Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Sukada, M. (2013). Pembinaan Kritik Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.

Sukino. (2010). Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.

Junus, U. (1985). Resepsi Sastra. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.1.2.p.156-162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.