Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lirik

Septry Indrayeni, Nursal Hakim, Dudung Burhanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lirik. Kemampuan siswa tersebut didapat berdasarkan hasil penilaian terhadap tiga aspek pantun yaitu sampiran, isi, dan rima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods atau campuran. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lirik yang berjumlah 56 siswa dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes menulis (esai), observasi, dan wawancara. Data pada penelitian ini adalah hasil penilaian berupa skor terhadap tes menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lirik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lirik tergolong sedang dengan rata-rata 64.32 dengan rata-rata mendapatkan skor 25 pada aspek sampiran, skor 25 pada aspek isi, dan skor 20 pada aspek rima. Selain itu terdapat perbedaan kemampuan menulis pantun antara siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Kemampuan menulis pantun siswa kelas VII A lebih tinggi dibandingkan siswa kelas VII B. Siswa kelas VII A memperoleh nilai rata-rata 65.86 dengan kategori sedang, sedangkan siswa kelas VII B memperoleh nilai rata-rata 62.79 dengan kategori sedang. Perbedaaan tersebut dipengaruhi oleh motivasi belajar, lingkungan kelas, dan jam pelajaran.

Keywords


menulis, pantun, sampiran, isi, rima

References


Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyoto. (2006). Kiat Menulis untuk Media Massa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurgiantoro, B. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rizal, Y. (2010). Apresiasi Puisi dan Sastra Indonesia. Jakarta: Grafika Mulia.

Suparno & Yunus, M. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surana. (2001). Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Syafrial, dkk. (2018). 1001 Pantun untuk Anak. Malang: Azizah Publising.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Waridah, E. (2010). Kumpulan Majas, Pantun, & Peribahasa Untuk SD, SMP, SMA. Jakarta: Kawan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.1.1.p.69-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.