Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Umum bagi Penulis

  • Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan kerapatan baris 1,0 spasi, font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, format satu kolom.
  • Panjang manuskrip ilmiah hendaknya tak lebih dari 4000 kata atau kurang lebih 8-10 halaman, terma­suk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.
  • Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).
  • Tinjauan yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (Intro­duction) atau dalam pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.
  • Artikel ilmiah dari skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa yang akan dimuat di jurnal ilmiah harus ada lembar penilaian manuskrip oleh penguji (berfungsi sebagai mitra bebestari jurnal), surat keterangan penerimaan manuskrip untuk publikasi dari dewan penyunting jurnal yang dilampirkan pada manuskrip dan pernyataan pengalihan hak cipta.

 

Struktur Artikel Ilmiah

Secara umum struktur artikel ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah non penelitian relatif sama. Pada artikel non penelitian tidak ada bagian metode. Struktur artikel ilmiah hasil penelitian terdiri atas 10 bagian utama yaitu: (1) judul (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) metode; (7) hasil dan pembahasan; (8) simpulan; dan (9) daftar pustaka. Masing-masing bagian diberikan penjelasan sebagai berikut.

a) Judul

  • Judul hendaknya ringkas dan informatif, dengan jumlah kata tidak lebih dari 12, sudah termasuk kata penghubung. Agar judul dapat dibuat singkat dan ringkas dalam 12 kata, hindari kata penghubung dan penyebutan obyek, tempat atau bahan penelitian yang sangat terperinci.
  • Judul mengandung kata-kata kunci dari topik yang diteliti.
  • Jenis huruf Times New Roman 14.
  • Judul dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, sesuai dengan bahasa yang dipergunakan dalam manuskrip.
  • Hindari penggunaan singkatan, rumus, dan rujukan.

b) Baris Kepemilikan

  • Bagian terdiri atas dua bagian, yaitu nama-nama penulis dan afiliasi kelembagaan penulis.
  • Afiliasi kelembagaan mahasiswa mengikuti tempat dimana yang bersangkutan belajar.
  • Nama-nama penulis hendaknya hanya orang yang benar-benar berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, pembahasan, dan penulisan laporan.
  • Jabatan akademik/fungsional atau gelar kesarjanaan tidak perlu dicantumkan.
  • Nama lembaga dicantumkan secara lengkap sampai dengan nama negara, ditulis di bawah nama penu­lis beserta alamat pos, email dan faksimili (kalau ada) untuk keperluan korespondensi.
  • Jika penulis lebih dari satu orang dan berasal dari kelembagaan berbeda, maka semua alamat dicantum­kan dengan memberikan tanda superskrip huruf kecil mulai dari a pada belakang nama penulis secara berurutan.
  • Nama penulis pertama disertai email.

c) Abstrak

  • Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan sim­pulan.
  • Abstrak ditulis dalam satu paragraf; ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); panjang abstrak berkisar antara 150 - 250 kata.
  • Hindari perujukan dan penggunaan singkatan yang tidak umum.

d) Kata Kunci

  • Kata kunci terdiri atas 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata.
  • Ditulis sesuai urutan abjad
  • Antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (,)
  • Hindari kata penghubung yang tidak berkaitan langsung dengan variabel penelitian (dan, dengan, yang, dan seterusnya).

e) Pendahuluan

  • Hindari sub-sub di dalam pendahuluan.
  • Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah atau permasalahan atau tujuan penelitian.
  • Persentase panjang halaman pendahuluan antara 10-15% dari panjang keseluruhan sebuah manuskrip.
  • Rujukan ditunjukkan dengan menuliskan nama keluarga/nama belakang penulis dan tahun terbitan, tanpa nomor halaman. Landasan teori ditampilkan dalam kalimat-kalimat lengkap, ringkas, serta benar-benar relevan dengan tujuan penulisan artikel ilmiah.

f) Metode Penelitian

  • Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi subyek/bahan yang diteliti, alat yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengambilan data, analisis dan model statistik yang digunakan.
  • Hindari penulisan rumus-rumus statistik secara berlebihan.
  • Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saja. Jika metodologi yang digunakan kurang familiar baru sebutkan seumber rujukannya. Untuk penelitian kualitatif, metode penelitian dapat menyesuaikan.

g) Hasil dan Pembahasan

  • Format hasil penelitian dan pembahasan tidak dipisahkan, mengingat jumlah halaman yang tersedia bagi penulis terbatas.
  • Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal.
  • Judul tabel dan grafik atau keterangan gambar disusun dalam bentuk frase (bukan kalimat) secara ringkas.
  • Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut, sedangkan judul tabel diletak­kan di atasnya. Judul diawali dengan huruf kapital.
  • Jangan mengulang menulis angka-angka yang telah tercantum dalam tabel di dalam teks pembahasan. Jika akan menekankan hasil yang diperoleh sebaiknya sajikan dalam bentuk lain, misalnya persentase atau selisih. Untuk menunjukkan angka yang dimaksud, rujuk saja tabel yang memuat angka tersebut.
  • Hindari copy dan paste tabel hasil analisis statistik langsung dari software pengolah data statistik.
  • Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya.
  • Pengutipan rujukan dalam pembahasan jangan terlalu panjang (bila perlu dihindari).
  • Sitasi hasil penelitian atau pendapat orang lain hendaknya disarikan dan dituliskan dalam kalimat send­iri (tidak menggunakan kalimat yang persis sama).
  • Kumpulan penelitian sejenis dapat dirujuk secara berkelompok.

h) Simpulan

  • Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat statistik.
  • Ditulis sepanjang satu paragraf dalam bentuk esai, tidak dalam bentuk numerical.

i) Daftar Pustaka

Ketentuan umum penulisan daftar pustaka:

  • Rujukan yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanyalah rujukan yang benar-benar dikutip dalam manuskrip mengikuti model American Phisicological Asosiation (APA).
  • 60% harus bersumber dari artikel yang telah dipublikasikan 7 tahun ke belakang
  • 30% bersumber dari artikel dosen UNRI yang telah dipublikasikan (bagi mahasiswa UNRI, sementara umum diberi kebebasan dengan menambah sumber dari artkel)
  • 10% bisa bersumber dari buku/artikel
  • 10% bersumber dari artikel internasional
  • Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad nama penulis.

 

Artikel Jurnal:

Zulhafizh. (2020). Orientation On Implementation Of Learning Curriculum At Senior High School: Teacher's Perspective. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(2), 303-315.

Wrenn, J., & Wrenn, B. (2009). Enhancing Learning by Integrating Theory and Practice. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21(2), 258-265.

Chu, K.W., Wang, M., & Yuen, A. H. K. (2011). Implementing Knowledge Management in School Environment: Teachers' Perception. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 3(2), 139-152.

 

Artikel Prosiding:

Mustafa, M. N., & Zulhafizh. (2018a). The Use of Technology to Ensure the Quality of Teaching and Learning: Senior High School Teachers’ Perspective. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, Pekanbaru, 765-771.

Kösa, T., Karakuş, F., & ve Çakıroğlu, Ü. (2008). Uzay Geometri Öğretimi Için üç Boyutlu Dinamik Geometri Yazilimi Kullanarak Çalişma Yapraklarinin Geliştirilmesi. 8th International Educational Technology Conference, Eskişehir, 1066-1070.

 

Buku:

Cone, J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and Theses from Start to Finish: Psychology and Related Fields. Washington, DC: American Psychological Association.

Mustafa, M.N., Hermandra, & Zulhafizh. (2018). Strategi Inovatif: Gaya Guru Sukses dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Diandra Kreatif.

 

Copyright Notice

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.