Penggunaan Media Video Youtube dalam Akun Narasi Newsroom Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2022/2023

Sintya Nur Alifah, Elvi Susanti

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media video YouTube dari kanal Narasi Newsroom sebagai alat dari pembelajarannya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan agar dapat mengetahui bagaimana manfaat serta penggunaannya dari media video YouTube dari kanal Narasi Newsroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu terdiri dari adanya observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengacu pada analisis data di lapangan menurut Model Miles and Huberman yang diuraikan berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil dari menulis keterampilan siswa yang dinilai berdasarkan dengan aspek penilaiannya. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai keseluruhannya dengan nilai yang diperoleh 79 dalam kategori baik. Maka hal itu dapat disimpulkan bahwa media videoYouTube dari kanal Narasi Newsroom dapat disandingkan dengan materi teks editorial dalam pembelajaran menulis siswa.

References


Annisa, F. (2021). “Pemanfaatan Media Youtube pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 2 Subtema 2 Kelas III MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Indriani, D. I., & Yuniawan, T. (2022). “Tindak Tutur Ilokusi dalam Program Talkshow Mata Najwa Episode Gelap Terang 2020”. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 237-244.

Nurgiantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Kedua. Yogyakarta: BPEE.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia,.

Setiawan, A. A., & Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: Jejak.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supriatna, E. K. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Suryaman, M., Suherli, & Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia: untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Wijaya, H., & Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.2.p.97-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.