Kreativitas Menulis Laporan Hasil Observasi (LHO) pada Siswa Kelas X SMAN 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023

Nanda Riska Dwi Aprila, Mahmudah Fitriyah ZA

Abstract


Pendidikan adalah satu-satunya aset bangsa untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pendidikan, manusia dapat berpikir kritis, inovatif, dan kreatif guna menjalankan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu memberikan pembelajaran praktik kepada siswa dalam pembelajaran yang diterapkan dalam mata pelajaran pada satuan pendidikan.  Keterampilan menulis adalah akumulasi dari keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Keterampilan menulis adalah keterampilan yang sangat kompleks, sehingga siswa perlu diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan menulis sebagai sebuah kegiatan komunikatif (misalnya memberi informasi, meminta sesuatu, menyatakan pendapat pribadi, dan merekam kejadian). Metode penelitian ini menggunakan metode kuliatatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas menulis laporan hasil observasi (LHO) pada siswa SMAN 5 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023 termasuk ke dalam kategori baik (B) dengan nilai rata-rata 79,50. Hal ini ditandai pada pencapaian siswa yang memperoleh kategori A (baik sekali) sebanyak 17 siswa, kategori B (baik) sebanyak 16 siswa, kategori C (cukup) sebanyak 10 siswa, dan tidak ada siswa yang memperoleh kategori D (kurang). Dapat disimpulkan bahwa kreativitas menulis laporan hasil observasi pada siswa kelas 10 dinilai memenuhi kreativitas siswa di tingkat SMA.

References


Akhadiah, S. dkk. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ghazali, A. B. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Khurnia, E dkk. (2020). Teks Laporan Observasi. Jakarta: Kemenag RI, 2020.

Syamsia, S., & Udin, S. F. (2022). A Study of the Implementation of the Discovery Learning Model on the Speaking Skills of Class VIII Students at Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sasa Ternate City. Langua: Journal of Linguistics, Literature, and Language Education, 5(2), 93-105.

Tarigan, H. G. (2018). Menulis sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yunus, M. (2021). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.2.p.122-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.