Tindak Tutur dalam Tayangan Kanal YouTube WAW Entertaiment Program “METAL (Makan Santei Tapi Endul)”

Nadifa Ma Hira, Dyah Pratiwi

Abstract


Perkembangan zaman menjadikan media untuk berkomunikasi menjadi semakin luas. Hal ini juga berpengaruh terhadap tindak tutur. Tindak tutur bisa ditemukan dalam bentuk lisan maupun tulis. Tuturan lisan bisa ditemukan di media sosial. Salah satunya ialah YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam tayangan kanal YouTube WAW Entertaiment, program METAL (Makan Santei Tapi Endul) episode “Isyana Pancing Enzy Supaya Kasih Tau Tipe Cowok Ideal”. Desain penelitian ini berupa tuturan-tuturan yang disampaikan oleh penutur yang dicermati secara detail oleh peneliti dengan menggunakan metode deskriptif yakni memahami secara menyeluruh fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Data dihimpun menggunakan teknik studi pustaka (dokumenter) yang diperoleh dari hasil pencarian dan penemuan bukti-bukti yang berkaitan dengan jenis-jenis tindak tutur. Berdasarkan hasil analisis ditemukan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak tutur ilokusi pada temuan data dalam penelitian ini terdiri dari tindak tutur ilokusi asertif, direktif, dan ekspresif. Tindak tutur ilokusi yang mendominasi ialah ilokusi direktif. Sedangkan temuan data ilokusi yang paling sedikit adalah temuan data ilokusi asertif.

References


Abdul, R. D. (2006). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sekip Ujung, Palembang. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 10(1), 73-87.

Arifsetiawati, M., & Parnaningroem, R. D. W. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif dalam Kumpulan Cerita Pendek ICH Schenk Dir Eine Geschichte-Mutgeschichten. Identitaet, 9(3), 21-31.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43-57.

Cummings, L. (2007). Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Faroh, S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Vlog Q&A Sesi 3 Pada Kanal Youtube Sherly Annavita Rahmi. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 311-326.

Khoirurrohman, T. (2019). Tindak Tutur Ilokusi dan Implikatur Konvensional Dalam Proses Perkuliahan Bahasa Indonesia Jurusan PGSD (Suatu Kajian Pragmatik). Dialektika, 9(1), 149-158.

Munandar, I., & Darmayanti, N. (2021). Tindak Tutur Ilokusi dalam Pidato Ridwan Kamil pada acara Bukatalks: Suatu Kajian Pragmatik. Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1).

Rahardi, K. (2010) .Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Septora, R. (2021). Analisis Tindak Tutur Perlokusi di Media Sosial Youtube Konten Podcast: (Kajian Pragmatik). Jurnal Silistik, 1(2), 25-37.

Suryandaru, I. D., Imammi, A. R. R., Pramono, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi pada Pembelajaran Siswa SMP PGRI 1 Cilongok. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo, 2(2), 115-123.

Syahri, N., & Emidar, E. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi dalam Program Ini Talk Show Net Tv Sebagai Kajian Pragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 55-63.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Bentuk Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Bahastra, 39(2), 26-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.2.p.78-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.