Representasi Isu Politik dan Sosial dalam Naskah Drama Penjual Bendera Karya Wisran Hadi

Ara Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui isu sosial dan politik pada naskah drama, dengan judul penelitian : Reperentasi Isu Politik Dan Sosial Dalam Naskah Drama Penjual Bendera karya Wisran Hadi.  Pada penelitian ini peneliti memfokuskan pada sosial dan politik dalam isi cerita drama Penjual Bendera. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan menganalisis menggunakan pendekatan hermeneutik. Sumber data dalam penlitian ini yatu naskah Penjual Bendera, dengan menggunakan teknil pengumpulan data dengan cara menyimak, mencatat dan teknik Pustaka.

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui isu sosial dan politik pada naskah drama, dengan judul penelitian : Reperentasi Isu Politik Dan Sosial Dalam Naskah Drama Penjual Bendera karya Wisran Hadi.  Pada penelitian ini peneliti memfokuskan pada sosial dan politik dalam isi cerita drama Penjual Bendera. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan menganalisis menggunakan pendekatan hermeneutik. Sumber data dalam penlitian ini yatu naskah Penjual Bendera, dengan menggunakan teknil pengumpulan data dengan cara menyimak, mencatat dan teknik Pustaka.


References


Contessa, E., & Huriyah, S. (2020). Perencanaan Pementasan Drama. Yogyakarta: Deepublish.

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Pane, S. (2010). Airlangga: Drama dalam Tiga Babak. Jakarta: Balai Pustaka.

Prawiratama, A. (2013). Bentuk Konflik Dalam Kumpulan Cerpen Kembang-Kembang Genjer Karya Fransisca Ria Susanti. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1-16.

Wiyanto, A. (2002). Terampil bermain drama. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.71-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.