Hambatan Guru Bahasa Indonesia SMAN 6 Pekanbaru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67-75.
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Becknel, K. (2020). Koko. Health Science Inquiry, 11(1), 78–81. https://doi.org/10.29173/hsi323
Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31-39.
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. DIDAXEI, 3(2), 394-408.
Ibrahim, N. L. (2022). Merdeka Belajar pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus pada SMAN 1 Telaga Biru dan SMAN 3 Gorontalo). https://www.researchgate.net/ profile/Neva-Ibrahim/publication/365946922
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Marzano, R. J., Brandt, R. S., Hughes, C. S., Jones, F., Presseisen, B. Z., Rankin, S. C., & Suhor, C. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Mulyatno, C. B. (2022). Program Pembelajaran Merawat Bumi sebagai Implementasi Pendidikan Memerdekakan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 8255-8263.
Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2021). Kualitas Penyusunan Rencana Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Tingkat Atas. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 17-24.
Mustafa, M. N., Hermandra, H., Zulhafizh, Z., & Legasari, V. E. (2021) PAKIEM: Era Hybrid Learning. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Muthmainnah, S. (2022). Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan. Tesis. http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/ 1688
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Sumardyono. (2011). Pengertian Dasar Problem Solving. [OnLine]. Tersedia: http://erlisilitonga.files.wordpress.com/2011/12. html
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid I. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Zamrodah, Y. (2016). Problematika. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama, 15(2), 1–23.
Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
Zulhafizh, Z., Hermandra, H., & Asnawi, A. (2022). Mengeksplorasi Informasi sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan dan Pemahaman di Kalangan Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.54-63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.