Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Endang Sholihatin, Agatha Diani Putri Saka, Desta Rizky Andhika, Abdi Pranawa Satura Ardana, Chasetyo Ivan Yusaga, Rachmananta Ibnu Fajar, Bagas Alif Virgano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemanfaatan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital bagi mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur, (2) mengetahui tanggapan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur terhadap penggunaan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital, serta  (3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur yang menggunakan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur yang tidak menggunakan teknologi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisoner yang dibagikan. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif UPN Veteran Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pemanfaatan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur sangat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas dan mencari referensi jawaban, (2) tanggapan yang diberikan secara umum adalah positif mengingat teknologi ini mempermudah mereka dalam menemukan jawaban yang cukup sulit, (3) hadirnya teknologi ini membuat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menggunakan teknologi Chat GPT dan tidak. Perbedaannya mencapai 85,4%. Contohnya seperti bertambahnya kosakata mereka serta kemampuan tata bahasa yang turut meningkat.  Secara keseluruhan, penggunaan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran dan kemampuan berbahasa. Namun, perlu diingat bahwa teknologi ini harus digunakan sebagai alat bantu dan bukan pengganti pembelajaran yang komprehensif.

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2019). Teachers’ Strategies to Design Media to Implement Communicative Leaning in Public Schools. Journal of Educational Sciences, 3(1), 13-24.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.

Nurwanda, A., & Badriah, E. (2020). Analisis Program Inovasi Desa dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) di Desa Bangunharja Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 68-75.

Suryatman, Suryatman (2019) Kompetensi Lulusan SMK Teknologi Konstruksi dan Properti yang Dibutuhkan Industri Jasa Konstruksi Bidang Pelaksanaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Komteks, 1(1), 15-21.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.

Zhai, X. (2022). ChatGPT: Artificial Intelligence for Education. Supporting Instructional Decision Making: The Potential of An Automatically Scored Three-Dimensional Assessment System.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.