Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Kumpulan Film Pendek pada Channel Youtube Mata Pena
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, III(173), 42–54.
Basri, S., Safitri, H., & Hakim, M. N. (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan dan Sastra, 7 Nomor 1, 242–248.
Safira, S. D., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Film Ali dan Ratu- Ratu Queens Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i1.1499
Handayani, C., Muhammad, A., Halilintar, A., & Ahmad, R. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Konten Channel Youtube Jurnalisa. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah, 5, 222–229.
Hannarisa, S., & Putikadayanto A, A. P. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Film “Sejuta Sayang Untuknya” Karya Herwin Noviant: Kajian Pragmatik. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 259–277.
Hidayat, D., Yulianto, B., & Savitri, A. D. (2023). Refleksi Karakter Masyarakat Madura dalam Film Pendek Mata Pena : Kajian Semiotika. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4, 276–289. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6386
Indriastuti, R., Hambali, & Arifuddin. (2022). Realisasi Kesantunan Berbahasa Pada Tuturan Pedagang di Lingkungan Pasar Maricaya (Kajian Pragmatik). Aufklarung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1, 379–387.
Yanti, L.P.F., Suandi, I.N., & Sudiana, I. N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet Pada Kolom Komentar Berita di Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139–150.
Leech, G. (1983). Prinsip-prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia (UI-Press).
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
Melia. (2019). Prinsip kesantunan berbahasa siswa. Pendidikan Bahasa, 8(1), 110–123.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019–1027.
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Salshabella, S., Hamida, N., Yusuf, R., Budiawan, S., & Utami, H. R. (2023). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Pemain Film Pendek Tilik Tahun 2018. Lingua, XIX(1).
Sapitri, A., Charlina, & Rumadi, H. (2021). Strategi Kesantunan Positif dan Negatif dalam Percakapan Penjual dan Pembeli di Pasar Senja, Giant Pekanbaru. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 3(2), 120–130.
Setiyono, T., Wardiani, R., & Setiawan, H. (2021). Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Film Assalamualaikum Calon Imam. Jurnal.Lppmstkipponorogo.Ac.Id, 8 (1), 7–13.
Triana, D. R. (2019). Kesantunan Berbahasa pada Film Kartini Karya Hanung Bramantyo: Tinjauan Sosiopragmatik. Jurnal.Lppmstkipponorogo.Ac.Id, 26(1).
Wardarita, K. R., Aprilina, L., Wardarita, R., & Rukiyah, S. (2022). Kesantunan Berbahasa Dalam Novel Seputih Hati Yang Tercabik. Jurnal Educatio, 8(2), 758–766. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2250
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.40-53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.