Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bangko

Devi Devi, Mangatur Sinaga, Zulhafizh Zulhafizh

Abstract


Kegiatan menulis perlahan-lahan kurang diminati siswa dimasa sekarang ini salah satu penyebabnya dalah handpone. Pada saat ini alat teknologi berkembang sangat pesat dikalangan anak-anak maupun pelajar. Teks cerita pendek telah dipelajari siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bangko, hal itu tercantum dalam Kompetensi Dasar 3.9 dan 4.9, menulis cerita pendek dapat dijadikan suatu pembelajaran yang praktis dan menyenangkan bagi penulis dan pembaca. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis teks cerita pendek karya siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bangko. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes uraian, data yang diambil berguna untuk mengukur kemampuan menulis cerita pendek siswa sesuai dengan materi yang telah dipelajari. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil observasi, dan tes tertulis, teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dengan tema persahabatan. Hasil penelitian ini diperlukan pengujian uji normalitas dengan lilifors untuk menentukkan apakah sekelompok sampel berasal dari populasi distribusi normal, dan menggunakan uji kruskal walis untuk sampel independen. Berdasarkan dari uji normalitas dengan lilifors dan uji kruskal walis dari dekriptor penilaian kemampuan menulis teks cerita pendek tersebut memperoleh rata-rata 70,78 yang berkategorikan sedang dan Ho diterima.

References


Anggraini, A., Tressyalina, T., & Noveria, E. (2018). Karakteristik Struktur dan Alur dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 34-40.

Devitry, D., & Nursaid, M. H. (2017). Karakteristik Struktur Generik TeKs Cerpen Karya Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 19-23.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Sintesis, 11(1), 1-11.

Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita dalam Cerpen Mendiang Karya SN Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87-94.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.17-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.