Kesantunan Berbahasa Narasumber Indonesian Lawyers Club “Debat Panas Buntut Panjang Pernyataan Menteri Agama”

Wilda Indra Sari, Hermandra Hermandra, Charlina Charlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan menganalisis kesantunan berbahasa narasumber Indonesian Lawyers Club episode “ Debat Panas Buntut Panjang Pernyataan Menteri Agama. Sumber  dalam penelitian ini adalah para narasumber gelar wicara  Indonesian Lawyers Club episode “ Debat Panas Buntut Panjang Pernyataan Menteri Agama”. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah teknik simak dan teknik pencatatan data. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan  bentuk pematuhan kesantunan berbahasa dan bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa narasumber Indonesian Lawyers Club episode “ Debat Panas Buntut Panjang Pernyataan Menteri Agama”. Data penelitian ini berjumlah 53 data,  dalam kategori pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa masing masing dengan 6 maksim.  Maksim pemufakatan/ kesepakatan merupakan maksim yang paling banyak ditemukan yaitu sebanyak 25 data, maksim kebijaksanaan 5 data, maksim kedermawanan 2 data, maksim penghargaan 11 data, maksim kesederhanaan sebanyak 5 data, dan maksim kesimpatisan 5 data

References


Chaer, A.(2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Devianti, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226-245.

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lestari, T. P., & Indiatmoko, B. (2016). Pelanggaran Prinsip Percakapan dan Parameter Pragmatik dalam Wacana Stand Up Comedy Dodit Mulyanto. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 148-162.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, S. (2019). Pragmatik Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Rohmadi, M. (2017). Pragmatik. Surakarta: Yusma Pustaka.

Tambunan, C, H., Charlina., & Nursal, H. (2016). Kohesi Leksikal dalam Berita Utama Harian Riau Pos. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.11-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.