Campur Kode Tuturan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPA di SMA N 1 Kuantan Hilir Seberang

Windy Rahma Neldia, Charlina Charlina, Zulhafizh Zulhafizh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan menganalisis kelas kata dan faktor penyebab campur kode tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X IPA di SMA N 1 Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi, sumber data yang digunakan adalah kelas kata dan faktor penyebab campur kode tuturan guru dan siswa  dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X IPA di SMA N 1 Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi.  Teknik analisis yang digunakan adalah mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Data penelitian ini berjumlah 51 data, dengan 5 jenis kelas kata dan faktor penyebab terjadinya campur kode tuturan guru dan siswa. Kelas kata verba dan adjektiva merupakan kelas kata yang paling banyak ditemukan yaitu sama-sama sebanyak 13 data, adverbia 12 data, nomina 4 data dan pronomina 9 data.

References


Alwi, H., dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2010). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rosdakarya.

Muslich, M. (2010). Tata Bentuk Bahasa Indonesia ke Arah Tatabahasa. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.2.p.132-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.