Pengembangan Materi Ajar Menulis Teks Fabel Berbasis Media Gambar Seri untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu

Dewi Srigati, Dudung Burhanudin, Elvrin Septyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, kualitas, dan kepraktisan materi ajar teks fabel berbasis media gambar seri untuk siswa kelas VII SMPN 3 Kepenuhan. Data dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan materi ajar menulis teks fabel berbasis media gambar seri dan data uji coba materi ajar menulis teks fabel berbasis media gambar seri. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, pembagian angket, dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan perhitungan yang menggunakan angket, yaitu menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini dimulai dengan melakukan kegiatan wawancara dengan guru dan pengambilan data kebutuhan siswa dengan cara menyebarkan angket kebutuhan. Setelah mendapatkan hasil analisis kebutuhan peneliti melanjutkan untuk membuat materi ajar berbentuk modul dengan mengikuti tahapan R&D dan mengacu kepada model ADDIE. Kualitas produk ditentukan dari hasil validasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil penilaian beberapa validator tersebut, diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan materi ajar menulis teks fabel berbasis media gambar seri tergolong sangat baik dengan persentase 72% untuk aspek bahasa, 93,3% untuk aspek materi, 86,1% untuk aspek media, dan 94,1% untuk aspek lapangan. Skor rata-rata pada semua aspek penilaian adalah 4,84 dan materi ajar menulis teks fabel berbasis media gambar seri tergolong sangat praktis.

References


Kemendikbud. (2013). Buku Paket Guru Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Knapp, P., & Watkins M. (2005). Genre, Text, Grammar, Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Mustafa, M. N., Hermandra, & Zulhafizh. (2019). Teachers’ Strategies to Design Media to Implement Communicative Leaning in Public Schools. Journal of Educational Sciences, 3(1), 13-24.

Shalikhah, dkk. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9-16.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.2.p.73-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.