Analisis Pemahaman Guru Mengenai Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Kristi Julianti, Vismaia S. Damaianti

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru mengenai tindak lanjut Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket menggunakan google form. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ini bahwa hampir seluruh guru memahami konsep dan tujuan asesmen kompetensi minimum, pada proses pelaksanaannya guru dan siswa dianggap sudah melakukannya dengan baik, sementara pada tindak lanjut terhadap hasil asesmen kompetisi minimum guru dinilai belum begitu mengimplikasikan kebermanfaatannya. Hal tersebut didukung dengan beberapa kendala yang ditemui saat pelaksaanaan. Hasil penelitian menunjukkan asesmen kompetensi minimum perlu untuk disosialisasikan terhadap siswa dan pelatihan terhadap guru.

References


Adom, D., Mensah, J. A., & Dake, D. A. (2020). Test, Measurement, and Evaluation: Understanding and Use of the Concepts in Education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 109–119.

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Forijati, R. (2021). Pengembangan Kemampuan Guru Ekonomi di Kediri melalui Kegiatan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-57.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Asesmen Nasional, Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–32.

Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–37.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 72–79.

OECD. (2015). Programme for International Student Assesment.

Permendikbud. (2014). Permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1–8.

Silverius, S. (2010). Kontroversi Ujian Nasional Sepanjang Masa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2), 194-205.

Zaini, M. (2011). Kebijakan Ujian Nasional Kajian Kritis Politik Pendidikan. Jurnal Salam, 13(1), 95-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.58-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.