Kesulitan Guru Bahasa Indonesia dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Drama Jenjang Sekolah Menengah

Khairun Nisa, Vismaia S. Damaianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja problematika guru bidang studi bahasa Indonesia dalam menyelenggarakan pembelajaran drama baik guru yang mengajar di jenjang SMA maupun SMA. Untuk itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang terdapat dalam penelitian ini bersumber dari kuesioner yang disebarkan melalui perangkat digitial google formulir. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles Huberman dengan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan dalam penyelenggaraan pembelajaran drama begitu rendah. Meskipun rendah, kesulitan menyelenggarakan pembelajaran drama masih tetap ada yaitu didominasi pada aspek pelaksanaan pembelajaran. Dalam hal ini, minoritas responden mengakui sulit merancang dan menyajikan sumber dan meda pembelajaran drama.

References


Asmara, A. (1983). Cara Menganalisa Drama. Nur Cahaya Yogyakarta.

Ismail, T. (2000). Pembelajaran Sastra yang Efektif dan Efisien di SLTA. Widyaparwa No. 54 Maret 2000. Yogyakarta. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Muspida, A. (2019). Problematika Guru dalam Pembelajaran Sastra di SMP Negeri 2 Sengkang. Tesis.

Pink, D. H. (2018). When: The Scientific Secrets of Perfect Timing. Penguin Publishing Group.

Pitriyani, P., Trianto, A., & Canrhas, A. (2014). Problematika Pembelajaran Sastra pada Siswa kelas VIII SMPN 20 Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2-14. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Pratiwi, Y., & Siswiyanti, F. (2014). Teori Drama dan Pembelajarannya. Penerbit Ombak.

Putra, B. A. (2012). Drama; Teori dan Pementasan. Citra Aji Parama.

Rendra. (1979). Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya.

Rohman, S. (2012). Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra (1st ed.). Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sudaryanto. (1990). Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutiyono, S. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai

Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 309-320.

Waluyo, H. J. (2001). Drama Teori Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya Yogayakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.49-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.