Pantang Larang dalam Tradisi Pembuatan Jalur Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi

Purnama Sari, Syafrial Syafrial, Auzar Auzar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengumpulkan informasi, data secara lengkap dan menganalisisnya yang berberhubungan dengan makna pantang larang dalam tradisi pembuatan jalur kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Metode didalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan menganalisis dan memaparkan secara deskriptif data yang didapat dalam penelitian, terurai dalam bentuk kata-kata bukan angka. Teknik yang penulis lakukan untuk mengumpulkan data penelitian  ini adalah teknik rekaman,  wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini 5 informan mulai dari tukang jalur, pawang jalur, anggota jalur dan masyrakat pendukung. Pantang larang dalam Tradisi Pembuatan Jalur ini di mulai dari rapat banjar sampai dengan selesai pembuatan. Makna pantang larang berkaitan dengan akibat yang muncul dari pelanggaran pantang larang menurut kepercayaan masyarakat kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.

References


Effendy, T. (2006). Ejekan dan Pantangan terhadap Orang Melayu: Buku Saku Budaya Melayu yang Mengandung Nilai. Pekanbaru: Unri Press.

Hamidy, U. U. (1995). Kamus Antropologi Dialeg Melayu Rantau Kuantan Riau. Pekanbaru: UNRI Press.

Johan, A. B. (2006). Peranan Pantang Larang dalam Rites De Passage Melayu. Aktivis-Jurnal Akademik Jilid VI.

Mahyuddin. (2006). Tatakrama Melayu: Suatu Warisan Budaya. Pekanbaru: Kerjasama Lembaga Adat Kabupaten Rokan Hilir dan Gurindam Press.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarmidi, G. (2015). Keberadaan Wacana Pantang Larang Berlaras Gender Sebagai Tradisi Lisan, Fenomena Bahasa, dan Sastra Lisan di Indonesia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 553-559.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.40-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.