Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin

Muhammad Arif Ikhsan, Elvrin Septyanti, Zulhafizh Zulhafizh

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan data yang berasal uji ketrampilan secara tertulis. Sumber data penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah sampel 58. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Hasil tes tersebut digunakan yaitu tes keterampilan menulis untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas data ,uji t suatu independen. Hasil berdistribusi normal dengan keputusan hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 5% atau 0,05. Adapun rata-rata hasil kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP 75,88.

References


Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. (A 2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (B 2013). Informasi Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Maryanto, dkk. (2014). Buku Paket Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. (2015). Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Autografika.

Rusmini. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabupaten Pangkap. Skripsi. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Septyanti, E., & Zulhafizh. (2018). Quality of Student Literature Critical Essay Writing In the Mimetic Perspective. Proceedings of the 2nd Universitas Riau International Conference on Education Sciences, Pekanbaru 13 Oktober, 440-445.

Soraya, R. N., Effendi, R., & Hermawan, S. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Banjarmasin. Locana: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 53-62.

Suparno & Yunus, M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan. H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.13-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.