Penggunaan Metode Diskusi dan Media Pembelajaran untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 11 Pinang Sebatang Tualang

Novia Rini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode diskusi dan media pembelajaran pada siswa kelas II SDN 11 Pinang Sebatang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru sebagai peneliti dan supervisor II sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 11 Pinang sebatang yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dan objek penelitiannya adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data melalui analisis data aktivitas pembelajaran dan analisis KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode diskusi dan media pembelajaran dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 11 Pinang Sebatang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada hasil belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan jumlah  ketuntasan siswa sesuai KKM matematika. Pada tahap skor dasar  siswa yang mencapai KKM sebanyak  17 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 22 siswa. Dan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika melaluipenggunaan metode diskusi dan media pembelajaran pada siswa kelas II SDN 11 Pinang Sebatang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru sebagai peneliti dan supervisor II sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 11 Pinang sebatangyang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dan objek penelitiannya adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data melalui analisis data aktivitas pembelajaran dan analisis KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode diskusi dan media pembelajarandapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 11 Pinang Sebatang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada hasil belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan jumlah  ketuntasan siswa sesuai KKM matematika. Pada tahap skor dasar  siswa yang mencapai KKM sebanyak  17siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 22siswa. Dan pada siklus II meningkat menjadi 28siswa.


References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhsetyo, G., dkk. (2016). Pembelajaran Matematika SD. Banten: Universitas Terbuka.

Mustafa, M. N., & Zulhafizh. (2017). Building the Professionalism of Teachers as an Effort to Improve Education. In Husein, R, et al (Eds.), International Seminar and Annual Meeting 2017 Fields of Linguistics, Literature, Arts, and Culture, Medan, 449.

Mustafa, M. N., Hermandra, & Zulhafizh. (2018). Strategi Inovatif: Gaya Guru Sukses dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Diandra Kreatif.

Mustafa, M. N., Hermandra, Zulhafizh, & Suarman. (2019). Pembelajaran Kretif: Menjadi Guru Jitu. Bandung: Diandra Kreatif.

Mustafa, M. N., Hermandra, & Zulhafizh. (2019). Problem Solving Strategies in Learning Activities: A Study on Students’ Perception. International Seminar and Annual Meeting 2017 Fields of Linguistics, Literature, Arts, and Culture, Tanjungpinang, 67-77.

Wardani, I. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.