Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti

Mona Aulia, Nursal Hakim, Elvrin Septyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa siswa kelas VII SMP N 2 Tebing Tinggi Kebupaten Kepulauan Meranti. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 129 orang dan sampel yang didapat berdasarkan hasil perhitungan adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa melakukan tes esai. Tes ini diberikan dan siswa diberikan revisi kemudian siswa mengantar kembali tulisan yang sudah direvisi pada hari kedua. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas Lilifors. Kemudian Uji t satu sampel untuk mengetahui kategori dan skor kemampuan menulis siswa. ANOVA Searah, untuk mengetahui kemampuan menulis siswa perkelasnya. Simpulannya ialah hasil kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N 2 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tinggi dan Kemampuan siswa perkelas VII SMP N 2 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti sama.

References


Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. (2018). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Autografika.

Tarigan, G. T. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zulhafizh. (2018). Bahasa Indonesia: Teori dan Penerapan. Bandung: Mujahid Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.3.1.p.63-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.