Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi di stasiun SCTV. Dalam penelitian ini sumber data adalah iklan yang ada di stasiun SCTV. Data penelitian yang penulis lakukan adalah tindak tutur yang ada pada iklan di stasiun SCTV. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik deskriptif. Teknik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi dalan iklan di stasiun SCTV. Data penelitian ini berjumlah 82 data yang terditi dari 34 data yang menunjukkan tindak tutur ilokusi asertif, 36 data yang menunjukkan tindak tutur ilokusi diektif, 3 data yang menunjukkkan tindak tutur komisif, dan 9 yang menunjukkan tindak tutur ilokusi ekspresif.Adapun fungsi yang terdapat di dalam iklan stasiun SCTV ada 12 fungsi yaitu fungsi tindak tutur ilokusi memberitahukan 21 data, fungsi tindak tutur ilokusi menyatakan 4 data, fungsi tindak tutur ilokusi mengeluh 9 data, fungsi tindak tutur ilokusi menyarankan 16 data, fungsi tindak tutur ilokusi menganjurkan 10 data, fungsi tindak tutur ilokusi meminta, fungsi tin dak tutur ilokusi memerintahkan, fungsi tindak tutur ilokusi menawarkan, fungsi tindak tutur ilokusi memanjatkan (doa) 1 data, fungsi tindak tutur ilokusi mengucapkan selamat 4 data, fungsi tindak tutur ilokusi mengucapkan terima kasih 2 data, dan fungsi tindak tutur ilokusi memuji 3 data.
References
Charlina & Sinaga, M. (2007). Pragmatik. Pekanbaru: Cindikia Insani.
Charlina & Sinaga, M. (2006). Analisis Wacana. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Faizah, H. (2010). Linguistik Umum. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Nababan. (1987). Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan.
Nadar, F. X. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.