Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran Membaca Tabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kandis

Krisnawati Triandiani, Abdul Razak, Elvrin Septyanti

Abstract


Untuk menumbuhkan ketelitian dan keseriusan dalam membaca tabel, bisa dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses sebagai salah satu metode yang bisa dipakai dalam pembelajaran. Pendekatan ini menekankan pada proses yang memberi ransangan pada siswa untuk memunculkan minat belajarnya, sehingga siswa lebih fokus dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kandis pada tanggal 25-28 November 2019. Penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen, tidak disertai dengan kelas kontrol. Kelas yang menjadi objek penelitian ini adalah kelas VII G SMP Negeri 1 Kandis yang seluruhnya berjumlah 32 orang, namun populasi penelitian hanya berjumlah 30 orang karena pada saat penelitian 2 orang siswa tidak hadir, dan sampel penelitian ini berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa melakukan tes dengan soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Tes ini akan diberikan sebelum dan sesudah perlakuan Pendekatan Keterampilan Proses diberikan. Teknik analisis data yang digunakan ialah Uji Lilifors sebagai uji normalitas, Uji T Satu Sampel, Uji Chi Kuadrat, Uji T Sampel Independen, Uji Mann Whitney, dan Uji Wilcoxon. Simpulannya ialah hasil pretes dan postes siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kandis berkategori tinggi. Hasil pretes dan postes siswa yang berasal dari Sekolah Dasar di kota lebih tinggi daripada yang berasal dari desa. Dan hasil postes siswa kelas VII GSMP Negeri 1 Kandis lebih tinggi daripada hasil pretes.

References


Ermanto. (2008). Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP Press.

Mustafa, M. N., Hermandra, & Zulhafizh. (2018). Strategi Inovatif: Gaya Guru Sukses dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. (2005). Statistik: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Semiawan, C. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Sugyono, D., dkk. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2008). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulhafizh, Z. (2020). Membina Aktivitas Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Melalui Metode TIE (Translation, Interpretation, Extrapolation) pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 502-511.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.3.1.p.7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.