Kesantunan Berbahasa Antar Siswa di SMA Negeri 5 Pekanbaru

Nurzakiah Nurzakiah, Charlina Charlina, Nursal Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan kesantunan dan ketidaksantunan siswa SMA Negeri 5 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data berupa tuturan siswa di lingkungan sekolah.teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data berupa mentranskripsikan data hasil rekaman, mentransliterasikan data, mengidentifikasikan dan mengklasifikasi data, menyalin kedalam kartu data, menganalisis kartu data, menyimpulkan. Hasil penelitian menujukkan terdapat pematuhan maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, maksim kesimpatian.

References


Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik. (Diterjemahkan oleh Oka dan Setyadi Setyapranata). Jakarta: Universitas Indonesia.

Nadar, F. X. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahardi, K. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H. G. (1987). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yule, G. (2006). Pragmatik. (Diterjemahkan oleh Mustajab). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.2.p.138-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.