Struktur Kalimat Anak Penyandang Autisme

Kartika Sarah Difa, Charlina Charlina, Hermandra Hermandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kalimat dan struktur kalimat yang dituturkan oleh MF kepada lawan bicaranya. Berdasarkan dari hasil data yang peneliti dapatkan pada penelitian ini, peneliti mendapatkan dengan jumlah 65 bentuk kalimat yang terdiri dari 18 kalimat pernyataan (deklaratif), 32 kalimat tanya (interogatif), dan 15 kalimat perintah atau suruhan (imperatif). Ketika MF berbicara, terdapat beberapa kalimat yang terbarbalik-balik atau tidak berurutan, sehingga struktur kalimatnya juga berubah. Kemudian dari hal tersebut terbentuk 5 struktur kalimat baru berdasarkan apa yang dituturkan MF sebagai anak penyandang autisme. Struktur kalimat baru tersebut yaitu  P+S, P+S+K, P+K+S, P+O+Pel, K+S+P dan 5 struktur kalimat yang umum digunakan yaitu S+P, S+P+O, S+P+O+Pel, S+P+Pel, S+P+K. Sehingga dalam hasil penelitian ini MF memperoleh 10 jenis struktur kalimat.

References


Alwasilah, C. (1985). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa Bandung.

Alwi, dkk. (2010). Tata Bahasa Baku bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Syamsudin, A. (1986). Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, H. (2010). Linguistik Umum. Pekanbaru: Cendikia Insani Pekanbaru.

Nugraheni, SA. (2008). Efektifitas Diet Bebas Gluten Bebas Casein terhadap Perubahan Perilaku Anak Autis. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Zulhafizh. (2018). Bahasa Indonesia: Konsep dan Penerapan. Bandung: Mujahid Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.2.p.113-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.