Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter

Ria Rosalina, Auzar Auzar, Hermandra Hermandra

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penggunaan slang di media sosial terkhususnya di media sosal twitter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan teknik baca dan teknik catat serta rekam (screenshot). Sumber data penelitian adalah tweets yang ada pada akun pengguna Twitter. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik melalui tahap mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, memaparkan data dan menyimpulkan data. Dari data yang diperoleh, Ditemukan data yang berbentuk singkatan, (1) bentuk salah ucap yang lucu, (2) bentuk yang dipendekkan dan (3) bentuk interjeksi. Jenis slang yang ditemukan yaitu (1) slang rumahan, dan (2) slang masyarakat, Ditemukan pula fungsi slang yaitu (1) digunakan untuk bercanda, (2) digunakan untuk berbeda dengan orang lain, (3) digunakan untuk menarik perhatian, (4) digunakan untuk mempersingkat, (5) digunakan untuk memperkaya bahasa, (6) digunakan untuk memudahkan berhubungan sosial, dan (7) digunakan untuk keramahan dan keintiman.

References


Anis, P. T. (2017). Kata-Kata Slang Dalam Instagram. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1 (2), 1-15.

Alwasilah, C., dkk. (1988). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwasilah, C., dkk. (1984). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Auzar & Hermandra. (2007). Sosiolinguistik. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Martinus, D. A. (2018). Bentuk, Jenis, dan Makna Kata Slang dalam Majalah HAI Edisi Januari-Juni 2017. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Pateda, M. (1992). Sosiolingustik. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.1.p.77-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.