Kreativitas Penutur dalam Tradisi Lisan Baghandu Kabupaten Kampar

Amalia Anggita, Elmustian Elmustian, Syafrial Syafrial

Abstract


Penelitian ini berjudul Kreativitas Penutur dalam Tradisi Lisan Baghandu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas penutur dalam baghandu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, teknik rekam dan teknik dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan beberapa tahap, yaitu kegiatan membaca secara berulang-ulang dan cermat dalam data, mengidentifikasi data serta mendeskripsikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Data penelitian ini bersumber dari informan penutur dan naskah baghandu. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menemukan 195 data perbedaan antara naskah dan nyanyian. Setelah data di analisis terdapat pembagian aspek yaitu pengubahan bahasa dan penambahan bunyi.

References


Amir, A. (2013). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Dzikri, M. (2017). Pengaruh Kehidupan Pengarang pada Novel Chidori Karya Suzuki Miekichi (Pendekatan Ekspresif). Jurnal Ayumi, 4 (2), 134-151.

Emilia, S. (2016). Nyanyian Bagandu Masyarakat Siak Hulu Kabupaten Kampar dan Implikasinya pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Sosial Budaya, 13 (1), 101-114.

Endraswasra, S. (2018). Antropologi Sastra Lisan: Perspektif, Teori, dan Praktik Pengkajian. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Syukri, M. (2012). Aset Budaya Melayu. Jurnal Sosial Budaya, 9 (2), 158-171.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pangestuti, WA. (2008). Lesbian “Butchie” dalam Novel Lesbian Laki-Laki Karya Deojha Sebuah Kajian Ekspresivisme dan Psikologi Sastra. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sastra Universitas Sana Dharma.

Rahman, E., & Jalil A. (2004). Bahan Ajar Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra dan Jurnalistik Universitas Riau.

Ratna, N. K. (2013). Glosarium: 1.250 Entri Kajian Sastra, Seni, dan Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refiek. (2010). Teori Sastra Kajian Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Riyana, H. (2012). Proses Kreatif Dinda Natasya dalam Dialog Cinta Oase Samudra Biru: Sebuah Pendekatan Ekspresif. Skripsi. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.1.p.26-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.