Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berpendekatan Konstruktivisme

Abdul Razak, Syihabuddin Syihabuddin, Vismaia S. Damaianti, Yeti Mulyati

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghadirkan produk bahan ajar. Fokusnya: (1) bahan ajar kompetensi membaca pemahaman, (2) bahan ajar yang berpendekatan konstruktivisme, (3) bahan ajar bertopik Islam, (4) bahan ajar bermedia gambar balon udara. Pengembangan bahan ajar mengikuti prosedur: 1) analisis keperluan; 2) penyusunan desain bahan ajar; 3) penyusunan produk awal; 4) uji coba produk awal pada skala terbatas; 5) revisi produk awal; 6) uji coba produk revisi pada skala luas; 7) produk akhir. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner ditujukan kepada tim ekspet, para pengguna, dan audiens. Instrumen tes kloz digunakan untuk mengukur keterbacaan teks bacaan dan deskripsi utama bahan ajar. Uji coba produk dilakukan di kelas VII SMP/MTs Pekanbaru. Komponen detil membaca pemahaman adalah kalimat dan gagasan dan aspek universal bacaan adalah simpulan dan pesan. Konstruktivisme menggunakan 5 fase dari Needham. Indikator kelayakan isi bahan ajar memuat 12 subindikator, kelayakan penyajian memuat 7 subindikator, kelayakan bahasa memuat 3 subindikator, dan kelayakan kegrafikaan memuat 6 subindikator. Pengembangan ini menghasilkan produk yang berjudul Meneguhkan Jalan Menuju Surga: Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berpedekatan Konstruktivisme untuk Kelas VII SMP/MTs.

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.

An-Nawawi, Imam Abi Zakariya Yahya bin S. (2009). Riyadhus Shalihin. Penerjemah: Thariq Abdul Aziz. Editor: Tim Pustaka as-Sunnah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2 (2), 127-133.

Dick, W., dkk. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.

Katsir, I. (2008a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 5. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008b). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 6. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Menteri Pendikan dan Kebudayaan. (2005). Permendikbud No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Muqodas, R. Z., dkk. (2015). Desain dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi. Journal of Me-chanical Engineering Edication, 2 (1), 106-115.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyatni, Endah T. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Berbasis Intervensi Responsif. LITERA, 13 (1), 1-13.

Rahayu, R. P., dkk. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Konstruktivis Tipe Gagnon dan Collay pada Materi Penyajian Data untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (7), 1279-1286.

Razak, A. (2004). Formula 247 Plus: Metode Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Edisi Ketujuh. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Edisi Ketujuh. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: Ababil Press.

Tim Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (1), 47-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.1.p.17-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.