Kesalahan Pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia dalam Soal Try Out Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Atiqoh Rosari Amri, Charlina Charlina, Mangatur Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesalahan pemakaian ejaan bahasa indonesia yang meliputi pemakaian huruf kapital dan tanda baca pada naskah soal try out ujian sekolah berstandar nasional tahun pelajaran 2018/2018. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan dan memaparkan secermat mungkin mengenai kesalahan pemakaian ejaan bahasa Indonesia pada soal try out USBN SD yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan sebanyak 14 kasus kesalahan penulisan huruf kapital, 41 kesalahan pemakaian tanda titik, 19 kesalahan tanda koma, 21 kesalahan pemakaian tanda hubung, dan 1 kesalahan pemakaian tanda seru.

References


Arifin, Z., & Tasai, S. A. (2015). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Manaf, N. A. (2009). Sintaksis: Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.2.1.p.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.