Makna Simbolik pada Upacara Pernikahan Adat Jawa Dusun Tegal Rejo Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat Sumatera Utara

YOHANA WAHYUTI, SYAFRIAL SYAFRIAL, HADI RUMADI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolik pada upacara pernikahan adat Jawa di Dusun Tegal Rejo Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Makna simbolik tersebut didapat berdasarkan tiga kategori yaitu benda, peristiwa dan bahasa yang terdapat dalam upacara pernikahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi, artinya data dalam penelitian berupa kata-kata yang akan dideskripsikan Hasil penelitian didapat berdasarkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dengan beberapa informan, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa dari setiap benda yang diginakan dalam upacara pernikahan ada beberapa yang mulai digantikan sebab benda tersebut sudah jarang digunakan. Bukan hanya pada benda, bahkan beberapa peristiwa dalam upacara pernikahanpun ada yang sudah ditinggalkan karena perubahan zaman dan dianggap kuno sehingga peristiwa tersebut tidak lagi ada dalam upacara pernikahan di Dusun Tegal Rejo.

Keywords


makna simbolik, upacara pernikahan, adat Jawa Tegal Rejo

Full Text:

PDF

References


Abdul, A. D. (1988). Ensiklopedia Hukum Islami. Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeke.

al-Athar, A. N. T. (2000) Saat Anda Meminang. Jakarta: Pustaka Azam.

Aminuddin. (2005). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Pekanbaru: Yayasan Sempadan Tamadun.

Pradopo, R. D. (2009).Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. http://www.mudjiarahadrjo.com/artikel//270.html?task=view (15 November 2018)

Rohman, S. & Emzir. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Press.

Supadmi, S. M. (1993). Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta. Yogayakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibomo, I.S.W. (2013). Semotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zaimar, O.K.S. (2008). Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.