Tuturan Direktif dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye

MELLA RAHMADANI, CHARLINA CHARLINA, MANGATUR SINAGA

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dan mendeskripsikan strategi penutur menyampaikan maksud kepada petutur dalam tuturan direktif pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan teknik baca dan teknik catat. Kemudian, data dianalisis dengan membaca teks tertulis terlebih dahulu kemudian mencatat bagian-bagian sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti menggunakan buku kecil. Dari data yang diperoleh di dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye, fungsi tuturan direktif yang ditemukan antara lain tindak tutur direktif perintah yaitu fungsi memerintah, menyuruh, mengintruksikan, mengharuskan, memaksa, dan menyilakan. Tindak tutur direktif permintaan yaitu fungsi meminta, mengharap, memohon, dan menawarkan. Tindak tutur direktif ajakan yaitu fungsi mengajak, merayu, mendukung, dan mendesak. Tindak tutur direktif nasihat yaitu menasihati, menganjurkan, menyarankan, mengarahkan, menyerukan, dan mengingatkan. Tindak tutur direktif kritikan yaitu fungsi menyindir, mengumpat, mengecam, mengancam, dan marah. Tindak tutur direktif larangan yaitu fungsi melarang dan mencegah. Tindak tutur direktif pertanyaan yaitu fungsi menanyakan. dan tindak tutur direktif bujukan yaitu fungsi membujuk. Strategi yang digunakan dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye yaitu strategi tindak tutur langsung, tindak tutur langsung literal, dan tindak tutur langsung tidak literal.

Keywords


tuturan direktif, Rembulan Tenggelan di Wajahmu, Tere Liye

Full Text:

PDF

References


Charlina & Sinaga, M. (2007). Pragmatik. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Ibrahim, A.S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Izhar, dkk. (2015). Logika sebagai Pretes Konstruksi Tuturan Imperatif Literal. Jurnal UNS. Lampung: STKIP Muhamadiyah Prengsewu Lampung.

Kristanti, F. (2014). Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film ketika Cinta Bertasbih Karya Chaeral Umam. Tesis. Yogyakarta: Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantuanan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rosnilawati, dkk. (2013). Tindak Tutur dan Strategi Bertutur dalam Pasambahan Mantaan Marapulai Pesta Perkawinan di Alahan Panjang Kabupaten Solok. Skripsi. Padang: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang.

Sari, E & Ayu, I. (2015). Strategi Penyampaian Tuturan Direktif Siswa dalam Pembelajaran di Kelas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2 (1), 50-58.

Tarigan, H.G. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I.D.P. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.