Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019

SUSI SRI RAHAYU, ABDUL RAZAK, NURSAL HAKIM

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecepatan membaca efektif siswa dalam memahami teks deskripsi secara cepat dan tepat. Sampel penelitian ini berjumlah 180 siswa dengan jumlah populasi 332 dari 9 kelas tingkat menengah pertama. Pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda dan teks deskripsi sebagai instrumen tes bacaan. Untuk menganalis data menggunakan analisis secara statistik. Prosedur atau ukuran statistik yang digunakan adalah uji ANOVA (analysis of variance) dan Uji Dua Beda (Uji t). Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa kecepatan membaca efektif berkategori sangat tinggi dan ada perbedaan tingkat kecepatan membaca per kelompok sampel serta kecepatan membaca efektif per jenis kelamin yaitu jenis kelamin perempuan lebih unggul dengan rata-rata 144,96 dibandingkan dengan jumlah kelamin laki-laki yang mendapatkan rata-rata 136,01. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kecepatan membaca efektif pada penelitian ini berkategori sangat tinggi yaitu > 120 kpm.

Keywords


kecepatan, membaca, efektif, deskriptif

Full Text:

PDF

References


Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Keraf, G. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Nurhadi. (2004). Membaca Cepat dan Fektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. (2008). Bahasa Indonseia versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2015). Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Subyantoro. (2011). Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subyakto, S.U. (1988). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Widyamartaya, A. (2005). Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.