Konflik Tokoh dalam Kumpulan Cerpen Kolase Hujan Pilihan Riau Pos 2009

Meisy Ravika Samosir, Elmustian Elmustian, Syafrial Syafrial

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya media yang menerbitkan cerpen mempermudah pecinta cerita pendek memilih media cetak mana yang akan menjadi langganannya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah membaca secara berulang-ulang, menandai atau mencatat, menganalisis data dan membuat simpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai konflik eksternal dan konflik internal yang terdapat dalam kumpulan cerpen Kolase Hujan Pilihan Riau Pos 2009 penulis lebih banyak menemukan konflik eksternal yaitu konflik manusia dengan manusia (individu), konflik manusia dengan masyarakat dan konflik manusia dengan alam sekitarnya. Sebagian cerpen juga memiliki konflik yang lebih dari satu yaitu memiliki konflik eksternal dan konflik internal. Dalam kumpulan cerpen juga ditemukan satu cerpen yang tidak sesuai dengan teori. Cerpen tersebut tidak memiliki konflik karena cerpen tersebut merupakan cerpen naratif. Cerpen-cerpen lebih banyak mengangkat tema tentang percintaan dan kehidupan masyarakat. Selain itu, ada beberapa konflik percintaan yang mengandung unsur vulgar.

Keywords


cerpen, konflik eksternal, konflik internal

Full Text:

PDF

References


Asmiarni, H. (2004). Konflik-konflik yang Dialami Para Tokoh dalam Cerpen-Cerpen Majalah Budaya Sagang Periode Juni sampai dengan September 2003. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Keraf, G. (2004). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Perwiratama, A. dkk. (2013). Bentuk Konflik dalam Kumpulan Cerpen Kembang-Kembang Gender karya Fransisca Ria Susanti. Jurnal Sastra Indonesia, 2 (1), 1-16

Pickering. (2006). How to Manage Conflict (Terj Masri Maris). Jakarta: Erlangga.

Semi. M. A. (1989). Kritik Sastra. Bandung : Angkasa.

Semi. M. A. (1998). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa.

Tarigan, H.G. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2015). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.