Implikatur pada Teks Anekdot dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X

Jennyfer Puji Lestari Woi, Dudung Burhanuddin, Mangatur Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk implikatur pada teks anekdot dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X (2) mendeskripsikan fungsi implikatur pada teks anekdot dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X. Sumber penelitian berupa teks ankedot diambil dari dua buku teks pelajaran bahasa Indonesia yaitu (1) Bahasa Indonesia SMA kelas X edisi revisi 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, digunakan sebagai buku yang umum digunakan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta, sedangkan buku (2) Buku teks pendamping bahasa Indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X edisi revisi 2016 diterbitkan oleh Yrama Widya, yaitu buku pendamping yang digunakan di sekolah swasta pada saat penulis melakukan kegiatan PLP 2018. Berdasarkan penelitian ini ditemukan 20 data, diantaranya 18 bentuk implikatur percakapan dan 2 implikatur konvensional. Kemudian dari 20 data, ditemukan fungsi ekspresif mmenyindir 7 data, fungsi ekspresif mengkritik 6 data. Selanjutnya ditemukan implikatur fungsi direktif mengajak 1 data, fungsi direktif menyarankan 1 data, fungsi direktif memerintah 1 data. Lalu fungsi asertif menyatakan 1 data, fungsi asertif menegaskan 1, dan fungsi asertif mengeluh 1 data.

Keywords


implikatur, teks anekdot, fungsi

References


Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmaik. Terjemahan Oka. Jakarta: UI Press.

Mey, J.L. (1994). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik & Penelitian prAgmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nur'azizah. D. (2018). Implikatur Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Video Instagram pada Akun @uncle cimbo. Universitas Riau, 5(2), 193-206.

Razak, A. (2008). Bahasa Indonesia versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Autografika.

Sinaga, M. dkk, (2013). Tindak Tutur dalam Dialog Indonesia Lawyers Club. Jurnal

Bahasa, 8(1), 15-28.

Wibawati, N.T. (2015). Implikatur pada Rubrik Pojok “Mang Usil” dalam Surat Sabar Edisi November 2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.1.1.p.34-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.