Kemampuan Memahami Peribahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 FKIP Universitas Riau

Rima Annita Sari D, Nursal Hakim, Syafrial Syafrial

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis peribahasa yaitu, pepatah, perumpamaan, dan ungkapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 59 orang. Data dalam penelitian ini adalah hasil mengerjakan tes kemampuan memahami peribahasa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2018. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda (objektif) yang terdiri atas 5 alternatif jawaban dengan jumlah 30 soal. 30 soal tersebut terdiri atas 10 pepatah, 10 perumpamaan, dan 10 ungkapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami pepatah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 FKIP Universitas Riau tergolong sedang dengan rata-rata 74,58, kemampuan memahami peribahasa pada jenis perumpamaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 FKIP Universitas Riau tergolong rendah dengan rata-rata 65,42, kemampuan memahami peribahasa pada jenis ungkapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 FKIP Universitas Riau tergolong sedang dengan rata-rata 75,42. Secara keseluruhan, tingkat kemampuan memahami peribahasa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 FKIP Universitas Riau tergolong sedang dengan rata-rata 71,81.


Keywords


kemampuan memahami, peribahasa, pepatah, perumpamaan, ungkapan

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajar Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J.S. (2008). Kamus Peribahasa: Memahami Arti dan Kiasan Peribahasa, Pepatah, dan Ungkapan. Jakarta: Kompas.

Djiwatampu, M. (2008). Membaca untuk Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Nillas, R. & Nufus, H. (2016). Pedoman Umum: Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Wahyu Media.

Nuriadi. (2008). Teknik Jitu menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Razak, A. (2015). Teks Eksplanasi: Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: Autografika.

Rosdiyanto, K. (2007). Inti Sari Sastra Indonesia. Jakarta: Pustaka Setia.

Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sobariah, E. (2015). EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Hyphen Publishing.

Tarigan, H. G. (1987). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tukan, P. (2007). Mahir Berbahasa Indonesia: SMA Kelas XII Program IPA dan IPS. Jakarta: Yudhistira.

Waridah, E. (2010). Kumpulan Majas, Pantun, Peribahasa untuk SD, SMP, SMA. Jakarta: Kawan Pustaka.

__________. (2017). Kumpulan Lengkap Peribahasa, Pantun, & Majas. Jakarta: Bmedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.1.1.p.18-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.