Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Babussalam Pekanbaru

Khairun Nisa, Mangatur Sinaga, Charlina Charlina

Abstract


Bahasa merupakan nikmat yang tidak ternilai harganya. Bahasa diciptakan oleh Allah Subhanahuwa Ta’ala untuk memudahkan manusia saling mengenal. Bahasa berdasarkan bentuk penggunaannya terbagi menjadi dua jenis yaitu (1) ragam bahasa lisan dan (2) ragam bahasa tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tataran-tataran kesalahan berbahasa di bidang taksonomi linguistik yang terdapat pada teks eksposisi karangan siswa kelas VIII SMP Babussalam, Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru dengan memanfaatkan sumber-sumber buku yang dimiliki dengan kajian pustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Ditemukan 260 kesalahan taksonomi linguistik dari 94 karangan siswa di antaranya sebanyak 39 kesalahan tataran fonologi, 115 kesalahan morfologi, 19 kesalahan frasa, 2 kesalahan klausa, 79 kesalahan sintaksis, dan 7 kesalahan semantik. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kesalahan berbahasa taksonomi linguistic yang paling umum terjadi adalah kesalahan pada tataran morfologi dan yang paling sedikit terdapat pada tataran semantik.

Keywords


kesalahan berbahasa, taksonomi linguistik, teks eksposisi siswa

Full Text:

PDF

References


Moelong, J.L. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mukhtar, K. & Anilawati, (2007). Analisis Kesalahan Berbahasa. Pekanbaru: Cendekia Insani.

Razak, A. (2016). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H.G. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.1.2.p.114-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.